Tuesday 18 July 2017

CORAL BASIC IDENTIFICATION

Halo para pembaca, 

Posting kali ini penulis ingin berbagi pengetahuan lebih lanjut tentang karang. Mari kita mulai dari pertanyaan ini, Apakah semua jenis karang yang ada di lautan itu memiliki jenis yang sama atau terbagi-bagi lagi menjadi berbagai jenis berbeda? Ternyata karang memiliki begitu banyak jenis, bentuk, dan warna. Pesebaran karang yang mencakup hingga seluruh perairan dunia membuat adanya jenis-jenis endemik di suatu wilayah. Namun ada satu hal penting yang mendasari pengelompokan karang berdasarkan morfologinya. Karang akan dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Acropora dan Non Acropora.

Hal dasar yang membagi kedua kelompok ini terletak pada bentuk percabangan yang dimiliki sebuah karang. Ada dua jenis percabangan karang yaitu Aksial koralit dan Radial koralit. Ciri Aksial koralit adalah letaknya yang diujung percabangan/pertumbuhan. Biasanya berbentuk tabung dan berwarna lebih pucat, sedangkan Radial koralit terletak di sekitar Aksial koralit dan ukurannya lebih kecil. Radial koralit memiliki berbagai macam bentuk yang sangat unik sehingga mudah untuk dibedakan. Satu percabangan karang dapat berisi lebih dari satu jenis Radial koralit. Mari kita lihat gambar di bawah untuk lebih memahaminya. Aksial koralit (AK); Radial koralit (RK)
 Apakah sudah lebih jelas? Semoga saja demikan hehe

Lalu bagaimana kita membedakan manakah yang termasuk karang Acropora dan Non Acropora? Kedua jenis koralit yang telah disebutkan sebelumnya adalah kunci bagi kita untuk menjawabnya. Karang Acropora akan SELALU memiliki Aksial dan Radial koralit pada percabangannya, sedangkan karang Non Acropora HANYA memiliki satu jenis koralit, yaitu Radial koralit. Cukup mudah bukan bagi kita untuk membedakan kedua kelompok karang tersebut? Setelah memahami pula bagimana bentuk Aksial dan Radial koralit tentunya.

Penjelasan singkat di atas diharapkan bisa membantu pembaca ketika melihat karang di laut sehingga bisa membedakan dari kelompok manakah karang tersebut. Bagian terakhir, mari coba menebak gambar-gambar di bawah ini untuk mengetahui sejauh mana pembaca telah memahami identifikasi karang. Selamat mencoba

                                        







Jawaban dari atas ke bawah:
Acropora, Non Acropora, Non Acropora, Acropora, Non Acropora.

Bagaimana jawaban kalian? Sudah benar semua? Tetap dan selalu sayangi lah mahkluk hidup di sekitar kalian yaa , agar mereka tidak hanya menjadi cerita masa lalu yang telah punah bagi anak cucu kita. Salam konservasi !!!  




 

No comments:

Post a Comment